Cara Memperbaiki Masalah Laptop Asus Tidak Mau Tampil Gambar Namun Indikator Lampu Hidup

Cara Memperbaiki Masalah Laptop Asus Tidak Mau Tampil Gambar Namun Indikator Lampu Hidup-Permasalahan seperti pada judul diatas ini terbagi menjadi 3 kategori. Yaitu kategori berat, sedang dan kategori ringan, untuk kategori berat kerusakan yang terjadi pada Laptop Asus dengan ciri ciri hanya lampu indikator yang menyala itu disebabkan kerusakan pada hardware Laptop.

Kemudian untuk Laptop asus dengan kerusakan yang sama yaitu tidak mau menampilkan gambar namun lampu indikatornya berkedip, itu biasanya hanya bermasalah pada software windowsnya saja. 

Pada artikel ini admin akan membagikan trik seputar bagaimana cara memperbaiki kerusakan laptop yang sudah saya sebutkan diatas, yaitu mengatasi laptop Asus yang tidak mau tampil gambar namun lampu indikatornya hidup.

Cara menghidupkan laptop yang benar adalah menekan tombol power cukup sekali. Kemudian tunggu sebentar sampai layar menyala dengan sendirinya. Beberapa laptop memang butuh waktu lebih lama. Jadi tidak perlu pencet berkali-kali karena justru akan merusaknya.

Namun, namanya juga benda elektronik. Meski selama ini menggunakannya dengan hati-hati, suatu saat pasti akan rusak juga. Walau sudah menekan tombol dan menunggu lebih dari 2-4 menit, layar monitor tetap saja hitam alias tidak mau menampilkan apa-apa.


Sampai akhirnya laptop dipastikan benar-benar mati. Sebelum membongkar untuk memperbaiki, atau membawa ke tukang service, bahkan membeli baru untuk pengganti, sebaiknya lakukan dulu cara-cara mengatasi laptop tidak bisa dinyalakan berikut ini.

Baca juga: Tips Membeli Laptop Yang Murah Tapi Tidak Murahan

Laptop Asus Tidak Mau Hidup Karena Sumber Listrik
Cara Memperbaiki Masalah Laptop Asus Tidak Mau Tampil Gambar Namun Indikator Lampu Hidup
Pada kategori yang pertama saya akan membahas dahulu kerusakan pada laptop asus dengan permasalahan yang terjadi yakni rusak dengan masalah pada sumber arus listrik.

Biasanya orang cenderung hanya tahu cara menghidupkan dan menggunakan laptop saja untuk keperluan bekerja dan sesekali menggunakannya. Dengan asumsi tersebut bisa dikatakan kerusakan umumnya hanya pada masalah sumber arus listriknya saja.

Untuk cara mengatasinya hal tersebut adalah dengan cara mengganti pada komponen adaptor atau chargernya. Namun dalam hal ini pastikan terlebih dahulu bahwa baterai laptop anda masih dapat menyimpan sumber listrik atau dalam bahasa kesehariannya masih bisa menyimpan baterai laptop tidak droup.

Jadi meskipun baterai laptop asus anda tersebut sudah mengalami droup namun masih dapat hidup hanya dengan menyambungkan charger atau adaptor laptop asus anda ke sumber listrik.

Untuk hasil yang lebih maksimal mengetahui apakah charger laptop asus anda tersebut benar benar rusak yaitu dengan cara menggunakan alat pengukur yaitu Multimeter.
Cara Memperbaiki Masalah Laptop Asus Tidak Mau Tampil Gambar Namun Indikator Lampu Hidup
Cara mengetahui charger laptop yang mati dengan menggunakan alat Multimeter adalah dengan cara setting Multimeter pada DC lalu pilih voltase diatas 12Volt atau taruhlah pada angka Voltase 30. Dikarenakan charger laptop hanya menggunakan daya sebesar 19Volt saja tentunya pada outputnya.

Jika pada Multimeter jarum bergerak ke arah 19/20Volt maka sudah dipastikan charger laptop berfungsi dengan baik. Namun bila sebaliknya yaitu jarum tidak bergerak sama sekali, itu sudah dipastikan bahwa charger laptop asus anda mengalami kerusakan alias mati total. Dengan begitu anda harus segera mengganti charger laptop asus milik anda dengan yang baru.

Baca juga: Harga Dan Spesifikasi Laptop Asus ROG G551VW-FI157T Terbaru║Laptop Gaming Yang Mantap

Bila anda mengalami masalah dengan ciri ciri yang sama dengan permasalahan diatas, itu adalah kerusakan yang terjadi dengan ketogori kerusakan laptop yang sedang.

Laptop Asus Tidak Mau Hidup Karena Memory RAM
Cara Memperbaiki Masalah Laptop Asus Tidak Mau Tampil Gambar Namun Indikator Lampu Hidup
Kasus yang sering terjadi pada Laptop asus dengan ciri ciri lampu indikator hidup namun layar tidak menampilkan apa apa alias blank hitam itu biasanya hanya bermasalah pada memory RAMnya saja. Hal ini pun masih dalam kategori kerusakan yang sedang, jadi anda dapat memperbaiki laptop asus anda sendiri tanpa bantuan tangan tukang service.

Namun sebaiknya anda perhatikan lebih seksama lagi apakah anda benar benar mendengar ada bunyi kipas yang hidup didalam body laptop asus milik anda ataukah tidak. Jika memang terdengar bunyi kipas yang berputar didalam body laptop tersebut, itu bisa dipastikan bahwa Memory RAM pada laptop asus milik anda mengalam kerusakan.

Untuk memperbaikinya sendiri anda dapat mencoba untuk membongkar laptop asus tersebut dengan menggunakan alat obeng plus kecil kemudian lepas semua baud pada body laptop yang berkesinambungan dengan kasing penutup RAM.
Cara Memperbaiki Masalah Laptop Asus Tidak Mau Tampil Gambar Namun Indikator Lampu Hidup
Selanjutnya cobalah anda lepas terlebih dahulu memory RAM pada socketnya lalu pasang kembali dan hidupkan laptop asus anda seperti biasanya yaitu dengan cara menekan tombol power pada laptop.

Namun bila masalah tersebut masih tidak dapat mengatasi permasalahan tersebut, cobalah untuk membersihkan terlebih dahulu memory RAM laptop asus anda dengan menggunakan alat penghapus pensil hanya pada bagian kuningannya saja. Setelah itu cobalah pasang dan hidupkan kembali laptop asus anda.

Dan bila masih saja laptop asus milik anda tetap tidak mau menampilkan apa apa pada layar atau tidak mau hidup secara normal, anda dapat mencoba mengganti dulu memory RAM laptop asus anda dengan memory RAM yang baru. Atau bila teman anda memiliki laptop dengan memory RAM yang sama yaitu DDR 3, cobalah untuk meminjam dulu bila diizinkan.

Laptop Asus Tidak Mau Hidup Karena Sistem Pada Windows
Cara Memperbaiki Masalah Laptop Asus Tidak Mau Tampil Gambar Namun Indikator Lampu Hidup
Selanjutnya kerusakan yang juga umum terjadi pada laptop asus anda adalah, laptop asus tidak mau hidup namun indikator lampu menyala itu biasanya hanya dikarenakan sistem pada windows mengalami crash

Masalah yang terjadi dengan kerusakan pada sistem windows hingga menyebabkan laptop asus tidak mau hidup ataupun booting sama sekali ketika tombol power sudah kita tekan, itu bukanlah sekali dua kali admin memperhatikan. Namun hampir rata rata pengguna laptop dengan merk asus khususnya laptop asus dengan Tipe X441NA dan juga juga tipe dibawahnya.

Laptop asus tidak mau menyala dengan normal namun indikator lampunya tetap hidup itu biasanya terjadi karena si penggunanya itu sendiri yang suka sekali mematikan laptopnya dengan cara yang ekstrem.

Misalnya laptop asus dimatikan dengan cara langsung menekan tombol power tanpa memperhatikan ada aplikasi atau program yang sedang berjalan tanpa terlebih dahulu meng-closenya.

Kemudian ada juga yang mematikan laptop asusnya dengan cara hanya menutup flipnya saja ketika laptop sedang beroperasi. Padahal ketika itu laptop asus yang anda miliki sedang banyak melakukam operasi, sehingga tidak menutup kemungkinan sistem akan terhenti dengan sendirinya.

Lalu bagaimana cara mengatasi hal tersebut? Mudah saja... Anda cukup menekan lama tombol power laptop asus sampai benar benar laptop asus anda tidak menampilkan adanya lamtpu Led indikator yang hidup. Pastikan semua lampu indikator pada bagian bawah kasing laptop asus benar benar mati sama sekali.

Jika langkah diatas sudah anda lakukan dengan baik maka sudah dipastikan laptop asus anda akan dapat kembali menyala dengan normal tanpa ada kendala sama sekali. Namun jika masih tetap tidak mau menyala anda dapat melakukan recovery mode pada windwos 10 dan windows 8.

Untuk windows 7 caranya adalah dengan menekan beberapa kali tombol F8 pada keyboard laptop asus anda ketika atau pada saat pertama kali anda menekan tombol power. Setelah anda tekan tombol power tersebut, dalam beberapa detik langsung saja jari anda gunakan untuk menekan tombol F8 berulang ulang kali.

Jika pada layar laptop asus anda sudah menampilkan menu Safe mode seperti pada gambar dibawah ini, pilih saja nomer 1 atau menu Safe mode lalu dengan cara klik pada mouse atau touchpad di laptop asus anda.
Cara Memperbaiki Masalah Laptop Asus Tidak Mau Tampil Gambar Namun Indikator Lampu Hidup
secara otomatis laptop asus anda akan masuk dan menampilkan windows Safe mode. Pada menu Safe mode tersebut, cobalah untuk tidak melakukan apa apa dan diamkan beberapa menit laptop asus anda berada pada menu Safe mode tersebut. setelah itu silahkan anda coba restart laptop asus anda dengan cara klik pada All Program lalu pilih Restart.

Nah, selanjutnya bila laptop asus anda masih tetap tidak mau hidup normal seperti biasanya meskipun sudah melakukan cara cara diatas, sekali lagi cobalah untuk melepas terlebih baterai laptop asus terlebih dahulu. 

Untuk melepas baterai laptop asus, anda membutuhkan alat obeng plus kecil untuk membuka semua bagian kasing bila memang baterai laptop asus anda itu berada didalam body kasing atau bisa dikatakan baterai laptop asus sekarang ini kebanyakan sudah menggunakan mode baterai tanam. 

Berbeda dengan laptop laptop jaman dulu yang masih dapat dengan mudah kita lepas tanpa perlu membongkar kasing. Namun bukan hanya laptop baru dengan merk Asus saja, hampir rata rata semua vendor laptop menggunakan baterai tanam dan bertempat didalam body kasing laptop tersebut. 

Setelah itu cobalah untuk menyambungkan charger laptop asus anda tanpa baterai laptop terpasang kemudian hidupkan. Apabila laptop asus dapat menyala dengan normal tanpa ada kendala apapun, silahkan matikan laptop dan pasang kembali baterai laptop asus anda kemudian nyalakan dengan cara menekan tombol power laptop asus anda seperti biasanya.

Saya rasa masalah yang terjadi seperti yang sudah saya sebutkan diatas tadi, itu termasuk masalah kerusakan laptop yang ringan. Karena kerusakan yang terjadi hanya pada sistem operasi windows saja dan bukan mengarah ke Hardware laptop anda.

Laptop Asus Tidak Mau Hidup Karena Mainboard
Cara Memperbaiki Masalah Laptop Asus Tidak Mau Tampil Gambar Namun Indikator Lampu Hidup
Untuk tahap selanjutnya kita akan melangkah ke masalah yang sangat serius yaitu mengatasai masalah kerusakan laptop asus yang disebabkan oleh hardware pada mainboard laptop asus anda.

Untuk ciri ciri kerusakan pada mainboard laptop asus itu memiliki sifat yang  hampir sama seperti diatas. Laptop dapat menampilkan indikator hidup, kipas laptop berputar dengan normal, akan tetapi layar laptop tidak dapat menyala sama sekali.

Kasus yang juga umum atau sering terjadi adalah dikarenakan sudah rusaknya Processor ataupun Chipset VGA pada laptop asus anda. Dan untuk mengganti Processor atau Chipset pada laptop asus milik anda caranya adalah dengan melihat seri pada merk laptop asus milik anda.

Apakah Processor laptop tersebut dapat kita lepas atau menempel pada mainboard laptop. Kalau untuk Processor saja masih dapat kita lepas secara manual, yaitu dengan cara membongkar body kasing laptop asus dengan menggunakan obeng plus kecil sama seperti yang sudah admin sebutkan diatas.

Selanjutnya silahkan anda lihat pada tulisan yang menempel di Processor apakah core i3, core i5, atau core i7. Untuk lebih mudahnya silahkan anda googling diinternet merk laptop asus dengan tipenya dan lihat spesifikasi yang ada pada laptop asus milik anda tersebut dan lihat pada spesifikasi Processornya.
Cara Memperbaiki Masalah Laptop Asus Tidak Mau Tampil Gambar Namun Indikator Lampu Hidup
Jika anda sudah menemukan spesifikasi yang sama persis dengan tipe dan merk laptop asus anda yang pastinya Processor tersebut sudah mendukung core i3, core i5, atau core i7, maka anda dapat menggantinya sendiri dengan membeli Processor yang sejenis dengan tipe dan merk laptop anda.

Yang terakhir memperbaiki masalah laptop asus yang tidak mau menampilkan gambar namun indikator lampu led menyala adalah kerusakan yang disebabkan oleh Chipset VGA yang memang sudah mati atau minta untuk diganti baru.

Namun saya pastikan terlebih dahulu bahwa anda sudah melakukan tahap tahap mengatasi kerusakan tersebut dengan menggunakan metode kerusakan dalam ketegori yang ringan yang sudah saya sebutkan diatas tadi.

Bila memang anda sudah melakukan semua cara cara diatas yaitu:

1. Tekan lama pada tombol power sudah dilakukan.

2. Masuk ke menu Safe mode.

3. Charger laptop sudah diganti.

4. Memory RAM sudah dicoba dengan memory RAM laptop lain sejenis.

Maka jalan terakhir adalah laptop asus anda rusak dikarenakan oleh Chipsetnya. Dalam hal ini kerusakan yang terjadi pada laptop asus yang tidak mau menampilkan gambar sama sekali dengan ciri ciri kerusakan pada Chipset berada dalam kategori kerusakan yang berat.

Namun sebelum anda membawa laptop asus milik anda ke tikang service ada baiknya anda coba terlebih dahulu trik yang sederhana bagaimana cara memperbaiki sendiri Chipset laptop yang rusak.

Caranya adalah dengan memanaskan Chipset laptop tersebut dengan menggunakan korek api tepat pada elemen kaca Chipset laptop milik anda. Tentu saja untuk melakukan cara tersebut anda harus melepas semua komponen hardware laptop dengan menyisakan hanya mainboardnya saja.
Cara Memperbaiki Masalah Laptop Asus Tidak Mau Tampil Gambar Namun Indikator Lampu Hidup
Setelah mainboard anda sudah benar benar terlepas dari kasing laptop, miringkan posisi mainboard lalu nyalakan korek api dan tempelkan Chipset pada api yang keluar dari korek gas anda.

Baca juga: Panduan Lengkap Instal OS Endless Menggunakan Image File Via Flashdisk

Lakukan hal tersebut sekitar 2 menitan agar butir butir timah yang berada didalam Chipset dapat membentuk ke posisi semula lagi. Akan tetapi untuk cara ini saya rasa hanya bersifat sementara saja. Mungkin dalam beberapa bulan kemudian Chipset akan mengalami hal serupa kembali. 

Dan untuk hasil yang lebih maksimal silahkan anda bawah laptop asus anda ke tukang serice laptop yang memang sudah handal dan memiliki alat untuk melepas Chipset tersebut. Karena sudah dipastikan untuk melepas perangkat atau hardware Chipset dari body mainboard laptop harus dilakukan oleh tangan yang sudah ahli dalam hal tersebut.

Nah,bila dengan cara cara diatas laptop asus anda dapat kembali hidup normal, maka saya ucapkan selamat dan jangan lupa untuk berhati hati dalam menggunakan laptop agar tidak kembali mengalami kerusakan yang terjadi pada laptop asus milik anda.

demikian tadi artikel tentang bagaimana cara memperbaiki laptop yang tidak mau menyala dengan normal namun lampu led indikator dapat hidup. Terima kasih buat yang sudah berkunjung.

0 Response to "Cara Memperbaiki Masalah Laptop Asus Tidak Mau Tampil Gambar Namun Indikator Lampu Hidup"

Post a Comment