Mengatasi Masalah Beberapa Tombol Keyboard Laptop Yang Tidak Bisa Berfungsi Atau Menekan Terus

Mengatasi Masalah Beberapa Tombol Keyboard Laptop Yang Tidak Bisa Berfungsi Atau Menekan Terus-Beberapa hari ini admin sedang sedang disibukkan dengan laptop milik teman yang mengalami kerusakan pada keyboard laptopnya. Yakni beberapa tombol keyboard pada laptop milik teman saya tersebut ada yang tidak berfungsi.

Adapun untuk merk laptop miliki teman saya itu adalah Acer yang pastinya dengan tipe Aspire ES1. Selain ada beberapa tombol yang tidak bisa ditekan, muncul juga kendala yaitu tombol O menekan dengan sendirinya. Hal itu terbukti dengan pada saat ketika membuka program Office Word langsung saja menulis huruf O dengan sendirinya.

Jadi sudah dapat dipastikan tombol O tersebutlah yang menyebabkan ada beberapa huruf yang tidak dapat berfungsi dengan baik. Untuk menambah keyakinan hati saya, dan juga mungkin ada tombol lain yang juga rusak maka admin menggunakan sebuah tool yang dapat anda download melalui link dibawah ini:

Download PassMark KeyboardTest

Dengan menggunakan tool PassMark KeyboardTest anda dapat mengecek semua semua tombol pada keyboard komputer atau laptop bilamana masih berfungsi dengan baik atau tidak, memeriksa keyboard LED, lihat scan codes internal yang dihasilkan oleh keyboard dan mengukur kecepatan mengetik. 

Untuk menggunakan tool PassMark KeyboardTest anda tidaklah perlu menginstala aplikasi tersebut. PassMark KeyboardTest ini bersifat portable jadi anda dapat langsung membukanya saja tanpa perlu instalasi.

Untuk mengetahui tombol keyboard laptop manakah yang rusak dengan menggunakan tool tersebut, secara langsung akan ada salah satu tombol atau beberapa dengan tanda kotak merah yang bertanda tombol tersebutlah yang rusak.


Dengan begitu pekerjaan kita akan lebih mudah untuk mengetahui dimanakah tombol keyboard yang rusak tersebut tanpa harus mengecek satu persatu. Karena tool PassMark KeyboardTest itu akan dengan cepat menemukan tombol yang rusak itu.

Memperbaiki Salah Satu Tombol Yang Menekan Dengan Sendirinya

Setelah kita sudah mengetahui ada salah satu tombol yang memang benar benar menekan dengan sendirinya, saatnya untuk kita melangkah ke tahap perbaikan pada tombol keyboard tersebut.

Adapun cara untuk memperbaiki beberapa tombol yang rusak tersebut dapat anda ikuti tahap demi tahap dibawah ini.

Langkah Langkah:

1. Kita lepas tombol yang tidak berfungsi tersebut dengan cara mencongkelnya tapi berhati hati agar tidak patah rangkaian pengait pada bagian bawah tombol. Setelah berhasil terlepas, kita melihat sebuah tuts yang terbuat dari karet. 
Mengatasi Masalah Beberapa Tombol Keyboard Laptop Yang Tidak Bisa Berfungsi Atau Menekan Terus
2. Nah, coba anda lepas dulu karet tersebut tapi lepas juga rangkaian pengaitnya dulu agar tidak ada kendala dalam membersihkan bagian pada sudut tombol. 

3. Kemudian bersihkan bagian dalam karet yaitu lapisan yang berbentuk lingkaran dan terbuat dari karbon menggunakan cotton bud bila perlu kasih alkohol cotton bud tersebut agar maksimal bersihnya. 

4. Bersihkan jalur bagian dalam dari plastiknya dengan cara kita kupas. Namun harus sangat hati hati agar tidak sobek plastiknya 

5. Bersihkan diantara kedua lapisan karbon tersebut dengan cutter itu, dengan cara menggesek-geseknya, tapi jangan terlalu keras, sekedar hanya menghilangkan kotoran diantara kedua lapisan karbon tersebut. 
Mengatasi Masalah Beberapa Tombol Keyboard Laptop Yang Tidak Bisa Berfungsi Atau Menekan Terus
6. Setelah semua tahap diatas sudah anda kerjakan, cobalah untuk mengetesnya dengan cara membuka tool PassMark KeyboardTest, maka disitu akan segera terlihat apakah semua tombol sudah dapat bekerja dengan baik.

7. Bila masih belum yakin anda dapat menekan semua tombol pada keyboard laptop anda dan jika masih ada salah satu tombol yang bertanda kotak merah silahkan anda ulangi tahap diatas kembali.
Mengatasi Masalah Beberapa Tombol Keyboard Laptop Yang Tidak Bisa Berfungsi Atau Menekan Terus
8 Done.


Itulah trik bagaimana cara memperbaiki beberapa tombol keyboard yang rusak akibat ada salah satu tombol yang menekan terus dengan sendirinya. Bila dengan langkah diatas tidak membuahkan hasil, berarti kerusakan tombol yang tidak dapat di tekan adalah dikarenakan terputusnya salah satu jalur yang memang saling terhubung.

Menurut pengalaman pribadi yang sering admin alami adalah ketika mendapati ada tombol yang selalu menekan terus dengan sendirinya, maka akan ada beberapa tombol lain yang pasti akan tidak dapat ditekan.

Jadi seperti yang sudah admin katakan diatas beberapa tombol yang tidak dapat ditekan itu dikarenakan ada jalur yang terputus. Untuk mengatasi hal tersebut, caranya adalah dengan menyambungkan kembali jalur yang putus tersebut dengan menggunakan pensil karbon (silver conductive). 

0 Response to "Mengatasi Masalah Beberapa Tombol Keyboard Laptop Yang Tidak Bisa Berfungsi Atau Menekan Terus"

Post a Comment